Sabtu, 11 Februari 2012

Desain blog yang baik untuk pengunjung

Tampilan suatu blog memang sangat berpengaruh terhadap penilaian pengunjung. Pengunjung bisa berlama-lama di blog kita jika mereka merasa nyaman mencari informasi yang ada.



Untuk mendesain blog diperlukan pemahaman tentang kode-kode css, javascript, jquery dan terget pengunjung. Untuk penjelasan tentang desain blog yang baik bagi pengunjung sebagai berikut :

  • Sesuaikan Template dengan topik utama blog. Metode ini dilakuakan agar blog kita terlihat lebih profesional di mata pengunjung.
  • Lengkapi dengan media share seperti socialbookmaring atau socialnetwork. Selain bertujuan untuk menyebar luaskan artikel Medote ini juga bisa menambah keunikan suatu blog. Tapi dengan syarat gunakanlah seoptimal mungkin karena terlalu banyak meletakkan socialbookmarking atau socialnetwork dapat membuat pengunjung bingung. Gunakanlah socialbookmarking atau socialnetwork yang sudah terbukti kehebatanya.
  • Posikan elemen-elemen penting agar mudah dijangkau pengunjung. Dengan Posisi tata letak yang baik, pengunjung bisa dengan mudah menjelajahi blog kita. Posisikan elemen-elemen yang bermanfaat bagi pengunjung di tempat yang tepat contoh letakkan Popular post dan Recent post pada bagian sidebar, Related post apada bagian bawah postingan atau pada sidebar, Lengkapi juga dengan recent comment dan random post.
  • Minimalkan link pada artikel. Terlalu banyak link yang diletakkan pada artikel dapat mengganggu kenyamanan pengunjung. Optimalkan link pada artikel dengan cara letakkan link yang memang penting dan bermanfaat untuk pengunjung & SEO
  • Jangan terlalu banyak iklan. Pengunjung pasti tidak akan suka dengan banyaknya banner atau iklan-iklan yang bertebaran diseluruh bagian blog. Usahakan letakkan iklan pada bagian yang strategis saja.
  • Hindari penggunaan pernak-pernik yang berlebihan. Blog yang terlalu banyak menggunakan javscript atau jquery dan gadget yang berlebihan dapat menyebabkan loading blog menjadi berat sehingga menjadi lambat. Hal ini dapat mengurangi minat pengunjung untuk berkunjung ke blog kita. Jadi optimalkan penggunaan pernak-pernik blog.

Semoga dengan tips diatas pengunjung bisa semakin betah berlama-lama diblog kita.

Selamat Berkreasi & Happy blogging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar